KapanLagi.com, Otomotif | Kapanlagi – Sen, 24 Sep 2012
Otosia.com
- Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla dipasarkan dengan harga
yang ekonomis, merujuk pada program mobil murah dan ramah lingkungan
pemerintah. Namun tim perancang dan pengembangnya kerap kali berujar
bahwa sekalipun murah, mobil ini tidak murahan dalam segi kualitas.
Salah satu yang menarik adalah penggunaan mesin dengan kode 1KR-DE.
Seperti apa keunggulan dari mobil yang baru akan dipasarkan akhir tahun
atau tahun depan tersebut? Berikut 7 poin di antaranya:
- Kode baru 1KR-DE
Keluarga mesin 1KR yang digunakan Toyota merupakan mesin 3-silinder
segaris yang didesain oleh Daihatsu. Akan tetapi, kode 1KR-DE tidak
ditemukan di negara mana pun, alias mesin baru yang benar-benar dibuat
di Tanah Air.
Mesin ini secara spesifik memang dikatakan mesin baru yang dibuat
khusus, seperti disampaikan Embay Sunaryo, Head Development Project Team
Astra Daihatsu Motor.
- Bobot mesin ringan
Blok mesin kode 1KR digunakan di beberapa produk Toyota, antara lain
Daihatsu Xenia 1.000 cc, Daihatsu Sirion, Toyota Aygo, bahkan produk
Citroën C1 dan Peugeot 107. Keunggulannya ada pada penggunaan bahan
alumunium yang diklaim pada dasarnya hanya berbobot 69 kg, bahkan itu
sudah termasuk sejumlah perangkat tambahan.
Hebatnya lagi, bobot mesin 1KR-DE yang ada pada Agya dan Ayla ini
terpangkas lagi 10 kg. Kuncinya ada pada tutup kepala silinder yang
diganti, dari aluminium menjadi berbahan resin-plastik, yang juga
mengurangi friksi.
- Lebih mudah lagi dirawat
Satu alasan mengapa sejumlah konsumen memilih produk Toyota -
Daihatsu adalah karena mesinnya yang simpel sehingga mudah dirawat.
Namun mesin 1KR-DE bahkan lebih mudah lagi karena tata letaknya yang
membuat ruang jantung pacunya menjadi lega.
Dalam kondisi ini, mesin mudah dilihat-lihat, bahkan diangkat andai terjadi kerusakan parah.
- Manifold tunggal
Satu yang juga baru di sini adalah desain integrated exhaust
manifold, yang tidak lagi terbagi tiga pipa untuk tiga saluran
pembuangan, tetapi satu pipa ke tiga saluran.
Semuanya kini terintegrasi pada kepala silinder sehingga saluran
buang lebih pendek, disatukan dengan catalytic converter dan tempat
untuk sensor oksigen. Hal ini pun salah satunya mengurangi bobot mesin.
- Rantai timing
Salah satu keunggulan dari keluarga mesin 1KR adalah tidak
menggunakan timing belt karet tetapi rantai. Dengan demikian, tidak ada
urusan untuk rutin mengganti timing belt lebih sering karena penggunaan
rantai lebih awet, dan di sisi lain tidak terlalu berisik.
- DOHC
Mesin 1KR-DE mempertahankan tradisi penggunaan DOHC atau double
overhead camshaft yang memakai dua noken as di kepala silinder. Sistem
ini membuat proses kerja menjadi lebih presisi pada putaran tinggi.
- Tenaga
Dalam keterangannya Embay mengklaim bahwa mesin Ayla memiliki
teknologi lebih maju dibanding Daihatsu Xenia 1.000 cc. Data menunjukkan
tenaga mencapai 65 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi
maksimal 8,7 kgm pada 3.600 rpm.
Angka tenaga citycar ini lebih besar sedikit dibanding MPV Xenia 1.000 yang berdaya 63 PS. (kpl/why/bun)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar