Sabtu, 05 Januari 2013

Harga Agya-Ayla Diusahakan Tidak Berubah

Selama IIMS 2012, para salesman Daihatsu dan Toyota menyebutkan kalau harga Ayla dan Agya berkisar mulai Rp 75 juta hingga Rp 110 juta. Bagi pengunjung yang tertarik dipersilakan menuliskan namanya berikut uang pesanan Rp 1-5 juta. Saat di IIMS juga disebutkan kalau daftar pesanan sudah mencapai Maret-April 2013.

Selama IIMS pesanan Ayla hampir mencapai 2.000 unit dan Agya hampir 3.000 unit. Sekarang IIMS telah berlalu dan daftar pesanan di dealer terus dibuka. Ada pertanyaan, apakah nanti harganya berubah, karena harga di IIMS tu baru harga kisaran karena unitnya belum resmi diluncurkan?

Amelia Tjandra, direktur pemasaran PT Daihatsu Astra Motor (ADM) menegaskan, "Harga di IIMS itu adalah harga indikasi jika peraturan pemerintah soal mobil LC & GC diterbitkan. Itu kira-kira harga ancer-ancernya segitu." Artinya, harga itu sudah di set sesuai regulasinya. "Dan kami sampai saat ini belum melakukan rencana mengubah harga naik atau tidak," tandas Amelia. Wah, asyik nih harga sudah mengikat. Semoga harga Agya juga sudah mengikat.

Kapan regulasinya terbit? Hal inilah yang sedang ditunggu-tunggu paling tidak hingga akhir 2012. Namun dipastikan regulasi itu pasti akan terbit. Kalau Desember mendatang regulasi LC & GC itu terbit maka Januari 2013 Ayla-Agya siap diproduksi. Pabrik baru Daihatsu pertengahan Oktober ini sudah siap dioperasikan. Kalau regulasinya terbit bulan ini pastinya segera masuk jadwal produksi dengan kapasitas 5.000 unit sebulan. Tapi kalau terbitnya akhir tahun ya baru Januari nanti produksinya.

Penjualan Ayla-Agya ditargetkan bisa mencapai 3.000 unit sebulan. Amelia optimis pasar baru yang dimasuki mobil "buatan" Indonesia ini sangat besar. "Menurut versi pemerintah kelas menengah kita ada 30 juta orang. Mobil ini akan mengambil 6%-nya atau sekitar 1,8 juta orang sebagai potensial buyers," lanjut Amelia.

Menurutnya persentase yang diambil itu terbilang kecil mengingat banyak merek yang akan bermain di segmen ini yakni Toyota, Suzuki, Nissan, bahkan kabarnya Mitsubishi, Honda dan Tata Motors. Ayla akan menyasar kaum pembeli mobil pertama. Ada sekitar 60% dari total konsumen Daihatsu berasal dari golongan first entry, pertama kali beli mobil baru. Apakah Anda termasuk di dalamnya yang pesan Ayla-Agya? Harap bersabar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar